Mandiri Capital Indonesia

Serba-Serbi Produk Dana Ventura Mandiri Capital Indonesia

Serba-Serbi Produk Dana Ventura Mandiri Capital Indonesia

 (sumber: mandiri-capital.co.id) 

Perusahaan modal ventura (Venture Capital Company) tentu tidak asing lagi di industri keuangan.  Perusahaan ini adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan atau penyertaan modal ke dalam investee company untuk jangka waktu tertentu. Biasanya, perusahaan modal ventura akan melakukan pendanaan dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, maupun pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.  

Bisnis ini mengelola dana investasi dari investor, guna untuk melakukan investasi pada perusahaan yang memiliki risiko tinggi sehingga tidak memenuhi persyaratan standar sebagai perusahaan terbuka ataupun guna memperoleh modal pinjaman dari perbankan seperti contohnya adalah perusahaan rintisan (startup).  

Salah satu perusahaan modal ventura milik BUMN yang turut serta meramaikan ekosistem bisnis modal ventura ini yakni Mandiri Capital Indonesia (MCI). MCI memiliki tiga produk dana ventura yang bisa menjadi pilihan para startup untuk dijadikan sumber modal usahanya. Ketiga produk dana ventura Mandiri Capital Indonesia adalah Mandiri Venture Fund (MVF), Indonesia Impact Fund (IIF), dan Merah Putih Fund (MPF). 

Tentang Mandiri Capital Indonesia 

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) merupakan perusahaan modal ventura yang dibentuk oleh PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI). Sebagai anak perusahaan dari BMRI, MCI berkontribusi dalam mendukung ekosistem startup yang sedang mengalami percepatan pertumbuhan. MCI lalu mulai menyuntikkan dananya ke startup-startup potensial mulai dari tahun 2015. 

MCI fokus pada startup di sektor fintech yang potensial dan memiliki sinergi bisnis dengan ekosistem BMRI untuk mendukung akselerasi investasi Mandiri Grup. Dengan demikian, MCI menjembatani antara startup-startup untuk masuk ke dalam ekosistem BMRI dan juga Kementerian BUMN.  

Sampai dengan saat ini, MCI telah memiliki 21 startup portfolio aktif dari berbagai sektor. Mulai dari fintech, agritech, payment, lending, health, dan masih banyak lagi. Beberapa diantaranya bahkan sudah mencatatkan IPO seperti startup GoTo, Bukalapak, dan Cashlez. 

Sumber Dana Perusahaan Dana Ventura 

Secara umum, perusahaan dana ventura menghimpun dana dari berbagai sumber. Beberapa diantaranya adalah: 

1. Investor Perseorangan 

Investor individu cenderung melakukan investasi pada usaha yang telah berjalan lancar. Biasanya bersifat jangka pendek.  

2. Investor Institusi 

Perusahaan-perusahaan besar yang biasanya memiliki suatu divisi tersendiri yang fokusnya untuk memberikan dana pada bisnis modal ventura.  

3. Perusahaan Asuransi dan Dana Pensiun 

Lembaga keuangan non-bank ini merupakan sumber dana modal ventura yang cukup besar dan bersifat jangka panjang.

4. Perbankan 

Perbankan juga bisa menjadi sumber dana modal ventura. Beberapa bank besar saat ini banyak yang tertarik melakukan bisnis modal ventura.  

Sumber Dana Mandiri Capital Indonesia 

Berbeda dengan perusahaan modal ventura lainnya yang biasanya mengelola dana investor, atau yang MCI biasa disebut sebagai Commercial Venture Capital, MCI mengelola dana 100% dari Bank Mandiri. Maka dari itu, MCI menyebut perusahaannya sebagai Corporate Venture Capital (CVC). 

Jika Commercial Venture Capital fokus pada return terhadap investor, MCI lebih ke arah partnership. 

Produk Dana Ventura Mandiri Capital Indonesia  

Beberapa tahun belakangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan pihaknya kini membuka izin produk Dana Ventura bagi perusahaan modal ventura sebagai sumber dana baru di industri tersebut. Sumber dana baru ini dibuka agar industri ini sustainable. 

Terdapat tiga jenis produk dana ventura Mandiri Capital Indonesia.

Mandiri Venture Fund (MVF) 

Mandiri Capital, salah satu perusahaan venture capital dengan beragam produk dana ventura

(sumber: mandiri-capital.co.id)

Mandiri Venture Fund (MVF) merupakan produk dana ventura yang berasal dari partnership Mandiri Group. MVF dijadikan sumber modal dari hampir seluruh startup portofolio MCI seperti Amartha, LinkAja, KoinWorks, Crowde, Qoala dan masih banyak lagi. 

Fokus utama dari program Dana Ventura MCI adalah berinvestasi pada perusahaan teknologi tahap awal di Asia Tenggara dengan target untuk bermitra dengan perusahaan digital yang memiliki pertumbuhan tinggi.

Indonesia Impact Fund (IIF) 

(sumber: indonesiaimpactfund.com) 

Produk dana ventura Mandiri Capital Indonesia berikutnya adalah Indonesia Impact Fund (IIF). IIF merupakan inisiatif APEC Business Advisory Council (ABAC) Indonesia.  

ABAC Indonesia menunjuk Mandiri Capital Indonesia, sebagai pengelola IIF. Penunjukan ini tidak terlepas dari riwayat perusahaan tersebut dalam bidang investasi startup. Adapun IIF merupakan impact fund swasta pertama di Indonesia yang berbasis pada nilai ESG (Environmental, Social, and Governance) dengan tujuan menciptakan kerja sama antar sektor publik dan swasta di dalam industri modal ventura.  

Pada perjalanannya, IIF telah menggelontorkan dananya untuk startup edutech Cakap, dan greentech Greenhope. IIF juga telah bekerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP).

Merah Putih Fund (MPF)

(sumber: digitalbisa.id) 

Selanjutnya ada Merah Putih Fund (MPF) sebagai produk dana ventura Mandiri Capital Indonesia. MPF adalah program pendanaan startup teknologi dan digital di Indonesia yang merupakan gabungan 5 BUMN yakni Bank Mandiri, BRI, BNI, Telkomsel, dan Telkom. Tugas utamanya adalah membidik perusahaan startup yang memiliki potensi pertumbuhan, mendukung soonicorns dan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. 

Menteri BUMN Erick Thohir adalah tokoh yang menggagas MPF. OJK resmi memberikan izin kepada produk dana ventura yang satu ini pada tahun 2022 lalu. Startup yang dibidik akan diajak menjadi mitra binaan Merah Putih Fund.

Produk dana ventura Mandiri Capital Indonesia bisa dijadikan pilihan bagi para startup yang ingin mencari modal serta pengembangan bisnis dari perusahaan modal ventura BUMN. Informasi lebih lanjut mengenai produk dana ventura dapat dicek langsung di web resminya: https://mandiri-capital.co.id/services/. 

Ditulis oleh Sooca Digital

Bagikan ke: