Mandiri Capital Indonesia

Program Xponent MCI: Kolaborasikan Startup dan Mandiri Group

Program Xponent MCI: Kolaborasikan Startup dan Mandiri Group

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), perusahaan modal ventura yang didirikan oleh BUMN yakni Mandiri Group memiliki program Xponent sebagai acara kolaborasi bisnis startup, Xponent merupakan wadah bagi startup untuk bersinergi dengan ekosistem yang ada di Mandiri Group. Program yang berlangsung pada bulan Oktober 2022 ini bertujuan untuk memperkuat inovasi di Mandiri Group guna mendukung perluasan ekosistem digital di Indonesia. 

Program Xponent sesi pertama yaitu di kategori lending. Dalam program ini, MCI meresmikan beberapa kerjasama strategis bisnis unit Mandiri Group dengan startup terpilih. 

Kedepannya, MCI akan rutin melaksanakan program Xponent secara berkala sebagai wujud komitmen perusahaan dalam mendukung akselerasi transformasi ekonomi digital Indonesia. Program ini juga menjadi salah satu strategi MCI untuk mendorong kinerja perusahaan. Xponent diharapkan dapat menjadi penguatan dan akselerasi sinergi yang telah berjalan selama ini. 

Manfaat Mengikuti Program Xponent 

Dengan mengikuti program Xponent, pelaku startup akan mendapatkan manfaat sebagai berikut. 

1. Network  

Mandiri memiliki ekosistem berskala besar dengan lebih dari 120-unit bisnis, 11 anak perusahaan dan 3 anak perusahaan.  

2. Business Growth  

Mandiri telah membantu startup dalam membangun daya tarik mereka dari sinergi use case dengan Mandiri Group 

3. Exposure  

Mendapatkan dampak positif melalui sinergi dengan salah satu lembaga keuangan terbesar 

4. Investment Opportunities 

Kesempatan untuk bertemu dan berbincang dengan tim investasi Mandiri Group 

Kegiatan Program Xponent 

Sebagai ajang kolaborasi bisnis startup, program Xponent terbagi ke dalam beberapa sesi. Sesi pertama yaitu diskusi panel dengan para startup leader Indonesia. Beberapa pembicara ternama hadir, diantaranya adalah Emilio Wibisono (CEO & Founder Sinbad), Irvan Kolonas (President Agriaku), Ryan Manafe (CEO Dagangan), dan masih banyak lagi. Selanjutnya ada sesi business matching untuk membangun konektivitas antara pemimpin satu dengan lainnya. 

Masih di kesempatan yang sama, MCI juga turut mendorong inisiatif strategis Livin’ by Mandiri melalui kerjasama dengan AyoConnect sebagai business alliance dan switcher. Tak hanya itu, MCI berkontribusi untuk Kopra by Mandiri melalui sistem order management system dari iSeller bagi nasabah wholesale Bank Mandiri.  

Program Xponent juga turut dapat dihadiri oleh pelaku startup. Program Xponent ini mengusung 2 topik yaitu:  

  1. Lending, yakni startup yang berfokus pada teknologi finansial dan pembayaran   
  2. Beyond Lending, yaitu startup yang memiliki solusi bisnis di luar sektor fintech seperti marketplace, social commerce, agent network, banking-as-a-solution, insurance, logistik dan lain-lain. 

Namun, terdapat syarat bagi para pelaku startup yang ingin bergabung pada program XPonent, yaitu;  

  1. Startup minimal sudah melakukan putaran penggalangan dana pra-seri A. 
  2. Startup diharapkan sudah mempunyai model bisnis yang solid dan berkelanjutan. 
  3. Startup telah memiliki use case sinergi dengan institusi finansial. 

Tentang Mandiri Capital Indonesia (MCI) 

Sebagai corporate venture capital (CVC), MCI telah terlibat dalam pendanaan kepada 22 startup yang bergerak berbagai bidang dan berperan aktif untuk membangun business traction kepada portofolio, maupun non-portofolio melalui sinergitas. 

Sinergi yang dilakukan lebih banyak yang terkait dengan pembiayaan, contohnya loan channeling dengan Crowde yang menyasar toko tani. Berikutnya ada kerjasama dengan Amartha sebagai bentuk perluasan pasar di kota tier 2 dan 3. Selanjutnya, invoice financing bersama Investree kepada pelaku segmen bisnis dan UMKM. 

Strategi MCI dalam berinvestasi yaitu bergantung pada dana yang dikelola. Apabila dana tersebut datang dari Mandiri Group, tentunya harus berkaitan dengan mandat grup, yakni mendorong inisiatif transformasi dan dampak positif bagi Mandiri Group melalui sinergi. 

Sejauh ini, MCI mengelola dua dana aktif. Pertama, dana yang bersumber dari Mandiri Group. Kedua yaitu Indonesia Impact Fund (IIF) yang fokus pada startup di bidang lingkungan dan sosial, merujuk pada lima tujuan dalam SDG (sustainable development goals). Platform edutech Cakap yang mewakili dana kelolaan ini. 

Terlebih lagi, MCI juga didaulat sebagai salah satu dari 5 CVC yang terlibat dalam pembentukan dana kelolaan Merah Putih Fund sebagai inisiatif Kementrian BUMN untuk mengakselerasi startup lokal yang berpotensi menjadi unicorn. Target pendanaan startup melalui Merah Putih Fund akan mulai berjalan pada awal tahun 2023. 

Tiga Sinergi Yang Diresmikan dalam Xponent

MCI membuka rangkaian program Xponent dengan mengumumkan beberapa kerjasama strategis bisnis unit Mandiri Group dengan startup di Indonesia melalui tanda tangan Memorandum of Understanding (MoU), yang dipimpin oleh Dennis Pratistha, Chief Investment Officer PT Mandiri Capital Indonesia. Kerjasama yang terjalin antara lain: 

Qoala dan Mandiri Tunas Finance

(sumber: pegipegi.com) 

Qoala adalah perusahaan insurtech (insurance technology) yang memberikan ketenangan pikiran dari risiko finansial tak terduga dengan membuat asuransi jadi lebih terjangkau dengan cara termudah. 

Kerjasama pada program Xponent berbentuk layanan solusi retail dan solusi wholesale, di mana Qoala akan menjadi partner dalam pemberian asuransi kepada debitur MTF serta berperan sebagai insurance broker untuk digital channel. 

Ringkas dan Consumer Loans Group 

(sumber: ringkas.co.id) 

Ringkas adalah salah satu startup di bidang properti yang memiliki visi demokratisasi kepemilikan rumah sehingga dapat mempermudah akses bagi semua orang. Ringkas akan menjadikan kepemilikan rumah lebih mudah dan cepat dengan memfasilitasi akses ke 100 juta rumah. 

Adapun kerjasamanya dengan consumer loans group dari Mandiri yaitu kerjasama pembiayaan rumah (KPR), sehingga proses pembelian rumah hingga pencairan dapat dilakukan dengan lebih cepat. 

Ideal dan Consumer Loans Group

(sumber: ideal.id)

Ideal adalah platform berupa aplikasi dan website yang dapat membantu masyarakat untuk mengetahui informasi terkait produk KPR yang tersedia dalam berbagai properti serta membantu proses pengajuan KPR dengan mudah, cepat dan aman. 

Dalam hal ini, kerjasamanya dengan consumer loans group dari Mandiri merupakan kerjasama pembiayaan rumah (KPR), sehingga proses pembelian rumah hingga pencairan dapat dilakukan dengan lebih cepat. 

Program Xponent dari MCI sebagai wadah kolaborasi bisnis startup sangat direkomendasikan untuk diikuti bagi startup portfolio maupun non-portofolio. Dengan mengikuti program Xponent, startup akan mendapatkan banyak keuntungan dan bantuan perkembangan bisnis startup dapat sesuai dengan target. Info lebih lanjut tentang program Xponent MCI bisa ditemukan di laman resminya https://www.mci-exponent.com/. Ketahui juga lebih lanjut tentang Mandiri Capital Indonesia (MCI) di https://mandiri-capital.co.id/

 

После успешной вавада регистрация, гемблерам предоставляется возможность выбора из более чем 4500 игровых слотов, доступных на платформе онлайн казино.

Ditulis oleh Sooca Digital

Bagikan ke: