Mandiri Capital Indonesia
Search
Close this search box.

Program Xponent MCI Berikan Pendanaan bagi Startup Lokal

Program Xponent MCI Berikan Pendanaan bagi Startup Lokal

Anak perusahaan PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) yang bergerak di bidang modal ventura yaitu Mandiri Capital Indonesia (MCI), konsisten dalam pendanaan startup lokal melalui kegiatan pengembangan bisnis yaitu program Xponent.  

Program Xponent terbuka luas bagi ekosistem startup di Indonesia hingga Asia Tenggara. Melalui peran MCI sebagai fasilitator, para startup yang bergabung dalam program ini bisa mendapatkan akses jaringan yang lebih luas, seperti kesempatan bekerjasama dengan Mandiri Group dan ekosistem BUMN. 

Di tengah ketidakpastian global ini, MCI akan terus melakukan pendanaan startup lokal yang memiliki fundamental kuat, inovatif dan memiliki sinergi dengan Mandiri Group. Dengan program Xponent, MCI juga akan terus mewujudkan komitmen dalam membangun kemitraan strategis untuk mempercepat inovasi di ekosistem digital Indonesia. 

MCI mantap mengadakan program besutannya ini dalam dua segmen. Segmen pertama untuk kategori startup Lending, dan segmen kedua mengangkat tema Beyond Lending. Dari terselenggaranya program ini, lahirlah startup lokal dengan bisnis unit Mandiri lainnya dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU). 

Program Xponent Segmen Satu 

Segmen pertama dengan kategori Lending diselenggarakan oleh MCI pada 13 Oktober, 2022. Dari segmen ini MCI mengumumkan beberapa kerjasama strategis bisnis unit Mandiri Group dengan startup di Indonesia melalui tanda tangan MoU. Kerja sama tersebut antara lain: 

Startup Lokal: Qoala x Mandiri Tunas Finance (MTF) 

(sumber: pegipegi.com)

Qoala adalah perusahaan insurtech (insurance technology) yang memberikan ketenangan pikiran dari risiko finansial tak terduga dengan membuat asuransi jadi lebih terjangkau dengan cara termudah. 

Kerjasama pada program Xponent berbentuk layanan solusi retail dan solusi wholesale, di mana Qoala akan menjadi partner dalam pemberian asuransi kepada debitur Mandiri Tunas Finance (MTF) serta berperan sebagai insurance broker untuk digital channel. 

Startup Lokal: Ringkas x Consumer Loans Group

 (sumber: ringkas.co.id) 

Ringkas adalah salah satu startup di bidang properti yang memiliki visi demokratisasi kepemilikan rumah sehingga dapat diakses oleh semua orang. Ringkas akan menjadikan kepemilikan rumah lebih mudah dan cepat dengan memfasilitasi akses ke 100 juta rumah. 

Adapun kerjasamanya dengan consumer loans group dari Mandiri yaitu kerjasama pembiayaan rumah (KPR), sehingga proses pembelian rumah hingga pencairan dapat dilakukan dengan lebih cepat. 

Startup Lokal: Ideal x Consumer Loans Group 

(sumber: ideal.id) 

Ideal adalah platform berupa aplikasi dan website yang dapat membantu masyarakat untuk mengetahui informasi terkait produk KPR yang tersedia di properti yang diinginkan, dan membantu proses pengajuan KPR dengan mudah, cepat dan aman. 

Adapun kerjasamanya juga dengan consumer loans group dari Mandiri yaitu kerjasama pembiayaan rumah (KPR), sehingga proses pembelian rumah hingga pencairan dapat dilakukan dengan lebih cepat. 

Program Xponent Segmen Dua 

Program Xponent segmen dua yang mengangkat tema Beyond Lending diselenggarakan pada 20 Oktober, 2022. Di segmen kedua ini program Xponent mengumumkan beberapa kerja sama strategis antara Mandiri Group dengan startup di Indonesia melalui tanda-tangan Nota Kesepahaman Kerjasama dan Perjanjian Kerjasama (PKS). Kerja sama tersebut antara lain: 

Startup Lokal: Broom ID x Mandiri Utama Finance (MUF) 

(sumber: broom.id) 

Broom ID merupakan startup penyedia layanan ekosistem showroom mobil bekas di Indonesia. Broom ID juga mengakomodasi pembiayaan kendaraan bekas. Kerja sama yang terbentuk dengan unit bisnis Mandiri adalah dengan perusahaan pembiayaan PT Mandiri Utama Finance (MUF).  

Startup Lokal: Crowde x Group Micro Development & Agent Banking dan SME & Micro Risk 

(sumber: crowde.co)

Crowde adalah platform untuk mendukung petani melalui permodalan pertanian dan inovasi teknologi. Sebagai startup agritech, Crowde berharap kerjasamanya dengan unit bisnis Mandiri dapat menciptakan ekosistem pendanaan yang ramah petani, sehingga petani kecil dan menengah bisa mengembangkan bisnisnya. 

Crowde bersinergi dengan Group Micro Development & Agent Banking dan SME & Micro Risk untuk bagian pembiayaan dan pengembangan inklusi keuangan di sektor pertanian. Melalui kerja sama ini, Crowde memiliki kesempatan untuk bisa lebih maksimal dalam menjangkau petani daerah yang membutuhkan. Selain itu, Crowde dapat melayani sektor pertanian dengan lebih komprehensif dengan merangkul juga para pelaku ekonomi lainnya di ekosistem pertanian 

Sebelumnya, Bank Mandiri dan Crowde telah melakukan kerjasama dalam hal pembiayaan. Program Xponent ini adalah bentuk pengembangan startup dan komitmen Bank Mandiri dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. 

Selain kerjasama antara unit bisnis Mandiri dengan startup lokal dalam bentuk MoU, program Xponent berisikan panel session & business matching. Sesi ini bertujuan untuk mempertemukan startup dengan beberapa unit bisnis dan perusahaan anak dari Mandiri Group untuk dapat saling berkolaborasi dan bersinergi.  

Sebanyak total 42 startup menghadiri Program Xponent dua segmen tersebut. Beberapa di antaranya adalah Finku, Haus Indonesia, Tranfez, Crowde, Mekari, Verihubs, AyoConnect dan masih banyak lagi. Adapun MCI akan terus mendorong terciptanya kerja sama strategis antara Mandiri Group dan startup melalui program Xponent. Mandiri Capital Indonesia akan mengadakan program ini secara berkala setiap tahun. Untuk info lebih detail mengenai program Xponent dan program pendanaan startup lokal lainnya, kunjungi laman resminya di https://www.mci-exponent.com/.  Kenali lebih lanjut tentang Mandiri Capital Indonesia (MCI) di https://www.mandiri-capital.co.id/. 

Ditulis oleh Sooca Digital

Bagikan ke:

Berita Terbaru