Mandiri Capital Indonesia

Memahami Peran Venture Capital Dalam Memajukan Bisnis Lokal

Memahami Peran Venture Capital Dalam Memajukan Bisnis Lokal

Dukungan permodalan dari venture capital sangat ditunggu-tunggu bagi pelaku bisnis baru atau rintisan. Perkembangan bisnis rintisan (startup) sendiri memang pesat di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Hal ini terjadi karena perusahaan venture capital yang juga mengalami pertumbuhan berperan penting dalam pendanaan startup-startup lokal.  

Ketergantungan Indonesia pada impor membuat pemerintah mengingatkan masyarakat untuk membeli produk-produk lokal. Karena itu, bisnis-bisnis lokal berbentuk startup semakin meningkat eksistensinya. Ekosistem permodalan pada bisnis lokal dari venture capital akan terus berlangsung dan semakin meningkat untuk dapat bersaing dengan produk asing.  

Sejalan dengan pemerintah, perusahaan venture capital memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung terciptanya startup-startup lokal dengan aktif melakukan penyertaan dana.   

Oleh karena itu, memahami peran venture capital perlu untuk diketahui demi memajukan dan meningkatkan kepercayaan diri bisnis lokal sehingga cakupan pasarnya bisa meluas dan dipercaya masyarakat.  

Manfaat Venture Capital Bagi Pebisnis

Ilustrasi pegiat bisnis lokal yang merasakan peran Venture Capital (sumber: pexels.com)

Bisnis lokal wajib mengetahui manfaat venture capital bagi perkembangan usahanya. Tidak hanya pendanaan saja, venture capital memberikan banyak manfaat bagi pebisnis, diantaranya adalah: 

1. Mengoptimalkan aktivitas bisnis 

Seperti yang tertera di penjelasan sebelumnya, venture capital tidak hanya memfasilitasi bisnis lokal dengan modal, melainkan juga dengan solusi manajemen, inovasi, gagasan, pelatihan, dan masih banyak lagi. Hal ini otomatis membuat aktivitas bisnis lokal menjadi lebih aktif, sehingga bisa dengan cepat menghasilkan keuntungan. 

2. Potensi bisnis meningkat 

Modal yang diberikan oleh venture capital kepada bisnis lokal jika dimanfaatkan dengan baik akan meningkatkan potensi bisnis. Dengan meningkatnya potensi suatu bisnis, bisnis akan cepat berekspansi dan menjangkau mitra maupun pasar lebih besar. 

3. Memaksimalkan kegiatan pemasaran 

Strategi pemasaran yang dilakukan bisnis lokal dinilai kurang maksimal karena keterbatasan sumber daya terutama modal. Dengan pendanaan dari venture capital, kegiatan pemasaran akan semakin kuat lagi dan tentu menjadi lebih efisien. 

4. Kepercayaan Bank 

Sumber pendanaan bisnis lokal tidak hanya dari venture capital saja, namun bisa dari bank maupun keduanya. Biasanya, bank akan sulit mendanai bisnis baru, tetapi karena bisnis baru ini sudah memiliki portfolio venture capital. 

5. Rentabilitas membaik 

Manfaat modal ventura terakhir yaitu memiliki rentabilitas yang lebih baik. Melalui pendanaan oleh venture capital, perusahaan baru akan lebih mudah dalam mengurangi biaya produksi. Tentu saja hal ini akan menghasilkan profit yang baik kedepannya. 

Kelebihan Venture Capital 

  • Solusi bagi bisnis baru yang belum bisa mengakses pasar modal atau sumber pendanaan lain. 
  • Fleksibelnya pembiayaan jangka pendek dan menengah. 
  • Melakukan pengawasan terhadap bisnis baru yang didanai, serta menyediakan jalan keluar dan saran untuk menghadapi berbagai kendala. 
  • Membantu meningkatkan reputasi. 
  • Membantu memperluas jaringan usaha. 
  • Melindungi para perintis bisnis untuk terus mengembangkan usahanya menjadi lebih baik. 

Kekurangan Venture Capital 

  • Menggunakan sistem bagi hasil.  
  • Risiko gagal yang cukup tinggi. 
  • Selektif dalam memilih startup potensial. 
  • Biasanya,  startup di sektor tertentu saja yang mendapatkan modal
  • Bisnis berisiko kehilangan kontrol apabila manajemen kurang baik. 

Peran Venture Capital Bagi Bisnis Lokal 

Penting bagi pebisnis memahami peran venture capital terhadap bisnisnya. Pasalnya, peran venture capital sangat penting bagi pertumbuhan bisnis baru. Berikut beragam peran venture capital:

Memiliki Cadangan Modal 

Perusahaan venture capital selalu mencadangkan modalnya yang mereka berikan pada suatu bisnis baru. Tujuannya agar bisnis memiliki jangka waktu yang lebih panjang dalam mengembangkan bisnisnya. 

Meningkatkan Keuntungan  

Venture capital biasanya akan memberikan pendanaan yang bernilai besar. Alhasil dana besar tersebut akan lebih mudah diputar sehingga keuntungan yang didapat lebih cepat dan besar pula.  

Jaringan Luas 

Setelah menjalin kesepakatan dengan venture capital, bisnis baru akan beruntung karena mendapatkan relasi yang baru. Tentu saja, bisnis baru akan lebih mudah mendapatkan klien untuk menggunakan produk atau jasa bisnis tersebut. 

Memahami peran venture capital dalam memajukan bisnis lokal wajib diketahui para pebisnis baru sehingga konsumen tidak tergantung pada produk asing. Bisnis lokal juga bisa meningkatkan eksistensinya di pasaran Eksplor lebih lanjut tentang salah satu perusahaan venture capital, Mandiri Capital Indonesia (MCI) di https://mandiri-capital.co.id/ 

Ditulis oleh Sooca Digital

Bagikan ke: