Mandiri Capital Kucurkan Investasi Startup Senilai Rp 980 Miliar

PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) telah mengucurkan dana investasi untuk pendanaan perusahaan rintisan (startup) senilai Rp 980 miliar.

Investment Manager MCI, Rabbi Amrita Givatama, mengatakan jumlah dana itu digelontorkan untuk 13 startup sejak akhir tahun 2016.
“Terakhir pendanaan startup di bidang same solution, payment, dan lending,” kata Rabbi di Plaza Mandiri, Jakarta, Jumat (6/12).
Rabbi mengatakan, Mandiri Capital akan terus menggencarkan investasi startup untuk periode tahun depan. Setidaknya, ada 3-4 startup yang rencananya akan dibiayai.
“Nanti di tahun depan kita siapkan juga dana ventura untuk menyiapkan dana lebih lagi ke startup-startup di Indonesia dan juga mungkin di asia region,” ujarnya.
Startup yang telah dibiayai masuk ke dalam ekosistem Mandiri Group. Sehingga, tak hanya mendapat pendanaan, namun juga pendampingan agar bisa mengembangkan bisnisnya.
Rabbi mengatakan, startup yang mendapatkan pendanaan dari Mandiri Capital tersebut juga akan didorong untuk mencatatkan saham di bursa efek (IPO).
“Belum ada yang IPO (dari ke-13 startup), tapi ada salah satu portfolio kita coba IPO. Ada satu yang sedang menuju proses IPO, targetnya belum ditentukan,” ujarnya.
Dalam menjaring startup potensial, Mandiri Group berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggelar Indonesia Innovation Forum (IIF) pada 11 Desember 2019.
Pada perhelatan bertajuk “To the Next Level and Beyond”, Bank Mandiri bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mempertemukan pemangku kepentingan dengan pelaku industri kreatif dan startup.