Mandiri Capital Indonesia
Search
Close this search box.

Mandiri Capital Bidik Startup Supply Chain

Perkembangan startup di Indonesia berlansung cukup masif dalam beberapa tahun terakhir. Mandiri Capital Indonesia (MCI) mengungkapkan memiliki kriteria khusus dalam memilih startup.

Chief Investment Officer Mandiri Capital Indonesia (MCI) Dennis Pratistha mengatakan bahwa sejak dulu perusahaan sangat menyukai sektor supply chain. Sektor ini menarik karena mampu menjangkau sektor lainnya.

“Supply chain di Indonesia itu masih sangat kompleks. Dari principal, wholesale, sampai large retail,” kata Dennish di Kantor Mandiri Capital Indonesia, Jakarta, Kamis (13/10). ”

Mandiri Capital saat ini telah berinvestasi di sebanyak 22 startup. Selain di sektor supplay chain, ia mengatakan, pihaknya juga tertarik dengan startup yang bergerak di bidang autotech dan proptech. Beberapa startup yang sudah mendapatkan suntikan dana dari MCI, yakni AgriAku, Sinbad, dan Delos.

“Agriaku itu provide agriculture, ada sinbad provide FMCG. Keduanya ini portofolio supply chain. Kami ada juga investasi ke Delos dapat akses ke aquaculture, dan lain sebagainya,” kata dia.

Ketertarikan MCI kepada sektor supply chain, menurut dia, karena perusahaan memahami model bisnis di sektor tersebut. Startup di sektor tersebut juga dapat mengungkit ekosistem.

Adapun MCI membuka rangkaian acara program Xponent dengan mengumumkan beberapa kerjasama strategis bisnis unit Mandiri Group dengan startup di Indonesia melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU). Adapun kerja sama yang diteken, yakni:

  • Qoala dan Mandiri Tunas Finance – Kerjasama layanan solusi retail dan solusi wholesale, dimana Qoala akan menjadi partner dalam pemberian asuransi kepada debitur MTF serta berperan sebagai insurance broker untuk digital channel.
  • Ringkas dan Consumer Loans Group – Kerjasama pembiayaan rumah (KPR), sehingga proses pembelian rumah hingga pencairan dapat dilakukan dengan lebih cepat.
  • Ideal dan Consumer Loans Group – Kerjasama pembiayaan rumah (KPR), sehingga proses pembelian rumah hingga ke pencairan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

“Program Xponent menjadi jembatan bagi startup di Indonesia dimana MCI mempertemukan startup dengan beberapa unit bisnis dan perusahaan anak dari Mandiri Group” kata Dennis.

Dennis berharap kerja sama ini akan saling bermanfaat antara startup dengan Mandiri Group, serta menjadi value creation bagi seluruh stakeholders.

 

 

Sumber:

https://www.msn.com/id-id/ekonomi/ekonomi/mandiri-capital-bidik-startup-supply-chain/ar-AA12Wrt7

Written by admin

Bagikan ke:

Breaking News