Mandiri Capital Indonesia
Search
Close this search box.

Ini Fitur Layanan Pengaduan Konsumen Mandiri Capital Indonesia

Ini Fitur Layanan Pengaduan Konsumen Mandiri Capital Indonesia

(sumber: pexels.com)

Setiap orang pemakai barang atau jasa berhak atas perlindungan hukum. Kita mengenal ini secara umum sebagai perlindungan konsumen. Perlindungan konsumen merupakan upaya menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan terhadap konsumen.  Maka dari itu, setiap perusahaan pun harus menyediakan layanan pengaduan konsumen.

Tujuan utama layanan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kemandirian konsumen dalam melindungi diri dari dampak negatif yang didapatkan dari pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab. Adanya hukum yang mengatur perlindungan konsumen juga menumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab dari pelaku usaha. 

Salah satu bentuk perlindungan konsumen dari penyelenggara layanan yakni dengan dibukanya layanan pengaduan konsumen.  Beragam penyelenggara layanan menghadirkan layanan ini dalam berbagai bentuk media seperti call center, social media, chatbot, dan lain-lain. Beberapa perusahaan seperti perusahaan venture capital memiliki fitur layanan pengaduan konsumen.  

Pentingnya Unit Pengaduan Konsumen 

Dalam rangka melindungi konsumen, setiap pelaku usaha atau penyelenggara layanan dianjurkan untuk memiliki unit pengaduan konsumen. Tidak hanya menyediakan sarana, unit ini wajib dikelola secara baik. Contohnya dengan melengkapi struktur pengelola unit pengaduan, mekanisme pengaduan yang jelas, serta keterangan mengenai waktu penyelesaian pengaduan. Pentingnya layanan ini telah diatur oleh Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 tentang pengelolaan pengaduan pelayanan publik. 

Layanan satu ini muncul sebagai bentuk ketidakpuasan pembeli maupun pengguna layanan atas produk atau layanan yang diberikan oleh penyelenggara layanan. Dengan adanya pengaduan, hal ini bisa menjadi suatu bahan evaluasi agar menyediakan layanan yang lebih baik lagi. Pengaduan konsumen juga bisa membuat penyelenggara layanan berinovasi terhadap layanan konsumennya sehingga pelayanan menjadi berkualitas dan meningkatkan kepuasan konsumen.  

Manfaat lainnya adalah bahwa layanan ini bisa menjadi salah satu cara untuk edukasi konsumen mengenai produk atau jasa yang ada. Edukasi konsumen sangatlah penting untuk menentukan konsumen dalam pengambilan keputusan tepat saat mereka membeli produk atau jasa. Edukasi tersebut bisa meminimalisir ketidakpuasan dan kerugian bagi konsumen. Sebagai konsumen, tentunya mereka menginginkan layanan terbaik dari penyelenggara layanan. Maka, konsumen membutuhkan suatu usaha yang legal dan terlindungi regulator terpercaya.

Pesatnya Inovasi Keuangan Digital  

Dewasa ini, dunia telah memasuki era digital yang mana mempengaruhi banyak industri. Salah satunya adalah industri keuangan digital yang berkembang pesat. Dengan digitalisasi, operasional industri ini sangat terbantu. Layanan-layanan yang disediakan juga berbasis aplikasi. Hal inilah yang menjadi keunggulan suatu perusahaan jasa keuangan digital sekaligus menjadi favorit karena menawarkan kecepatan pelayanan.  

Namun, seiring dengan digitalisasi tersebut, kasus-kasus yang merugikan bahkan membahayakan konsumen marak terjadi. Maka, sebuah perusahaan keuangan yang menggunakan layanan digital harus berstatus legal dan dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

 Layanan Pengaduan Konsumen Venture Capital

pengaduan konsumen

(sumber: mandiri-capital.co.id) 

Perusahaan venture capital dapat menjadi ‘malaikat’ bagi para pelaku usaha rintisan karena perannya dalam mendanai startup-startup potensial. Perusahaan ini bergerak di bidang permodalan yang paling banyak mengadaptasi teknologi dalam melayani konsumen. Hadirnya layanan ini adalah hasil inisiasi perusahaan venture capital sebagai bentuk pelayanan mereka terhadap konsumen.  

Konsumen harus mengetahui profil dan portofolio perusahaan venture capital. Dengan layanan pengaduan, konsumen dapat mengetahui lebih lanjut mengetahui perusahaan tersebut. Di samping itu, tentunya banyak sekali gangguan yang seringkali terjadi dalam operasional perusahaan venture dan juga dalam pemberian layanan.  

Layanan pengaduan menjadi jawaban untuk mengatasi konsumen yang mengalami gangguan atau kereseahan dalam layanan. Para konsumen menaruh lebih banyak kepercayaan kepada perusahaan venture yang secara aman menyelesaikan permasalahan mereka. Salah satu perusahaan venture capital yang mengadaptasi fitur layanan ini adalah Mandiri Capital Indonesia (MCI). 

Mengenal Mandiri Capital Indonesia 

Mandiri Capital Indonesia (MCI) merupakan Corporate Venture Capital (CVC) yang dibentuk oleh Mandiri Group pada tahun 2016. MCI berfokus pada pembiayaan kepada teknologi finansial. Adapun MCI memiliki target yaitu melakukan investasi sekaligus kolaborasi dengan perusahaan teknologi. Selain itu, MCI menjembatani pertumbuhan yang bersinergi dengan Mandiri Group dan ekosistem BUMN. MCI melalui izin usaha yang diberikan oleh OJK melakukan investasi kepada startup untuk mengembangkan ekosistem dan meningkatkan synergy value for Mandiri Group. 

MCI telah mendanai lebih dari 20 startup, yakni AgriAku, Amartha, Ayoconnect, Bukalapak, Cakap, Cashlez, Crowde, FitAja, Goto, Greenhope, Halofina, Investree, iSeller, Koinworks, LinkAja, Mekari, Privy.id, PTEN, Qoala, Sinbad, dan Yokke.  

Fitur Layanan Pengaduan Konsumen Mandiri Capital Indonesia 

MCI menyediakan fitur layanan pengaduan secara mudah dapat masyarakat temukan di berbagai media. MCI memiliki mekanisme penyampaian pengaduan apabila terdapat keluhan dari konsumen dengan jelas. Hanya dengan mengikuti alur pengaduan dan persyaratan saja, konsumen bisa langsung terhubung dengan admin.  

Alur Pengaduan Konsumen Mandiri Capital Indonesia 

Adapun alur pengaduan MCI adalah sebagai berikut.  

1.Konsumen menyampaikan pengaduan

Pengaduan disampaikan melalui media yang tersedia 

2. Verifikasi data dan pencatatan pengaduan 

Petugas MCI melakukan verifikasi data dan pencatatan pengaduan untuk di tindaklanjuti 

3. Menindaklanjuti pengaduan  

MCI akan melakukan tindak lanjut and menyelesaikan pengaduan sesuai jangka waktu penyelesaian. Setelahnya, tanda terima pun akan diserahkan.

4. Penyelesaian pengaduan 

Pengaduan selesai ketika konsumen yang telah menerima penyelesaian pengaduan. Apabila konsumen tidak menerima penyelesaian, konsumen dapat melakukan penyelesaian sengketa di luar pengadilan (LAPS) atau melalui pengadilan 

Keunggulan Fitur Layanan Pengaduan Konsumen

Dengan memanfaatkan teknologi, fitur layanan yang satu ini dapat menyelesaikan permasalahan konsumen dengan cepat. MCI tidak memungut biaya apapun untuk fitur layanan pengaduan bagi konsumen.

Sarana layanan pengaduan dari MCI telah sesuai dengan ketentuan dari regulator. Konsumen tak perlu khawatir akan penipuan karena layanan ini bersifat legal.

MCI menghadirkan fitur layanan ini untuk meningkatkan kepercayaan konsumen pada layanan perusahaan venture. Kunjungi www.mandiri-capital.co.id untuk informasi lebih lanjut, serta mandiri-capital.co.id/pengaduan-konsumen/ untuk mengakses layanan pengaduan dari MCI.

Ditulis oleh Sooca Digital

Bagikan ke:

Berita Terbaru