Indonesia Innovation Forum 2019, Ajang mencari Start-up

Indonesia Innovation Forum 2019 menjadi arena penting bagi Mandiri Group melalui anak perusahaannya, Mandiri Capital Indonesia mencari start-up yang dapat diajak berkolaborasi membangun inovasi layanan terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Kolaborasi digital adalah keniscayaan agar pelayanan finansial kian mudah diakses hingga pelosok. Terdapat 48 juta dari 60 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang belum terjangkau bank di negeri ini. Dampaknya, pertumbuhan fintech menjamur seiring pesatnya pengguna ponsel pintar.

“Mandiri Group melalui Mandiri Capital Indonesia (MCI) telah meninvestasikan 980 miliar rupiah untuk 13 start-up fintech. Selain modal, kami juga memfasilitasi kolaborasi start-up dengan Mandiri Group untuk mengembangkan potensi bisnis melalui inovasi layanan dan produk-produk terbaik bagi nasabah,” ujar Royke saat membuka IIF 2019 di Jakarta, 11 Desember.

Senada, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusbandio, menyadari pentingnya kolaborasi bersama start-up. Namun, pembangunan ekosistem digital harus bermuara pada kepentingan bangsa.

Itulah sebabnya, IIF yang diinisiasi  Mandiri Group dan Kemenparekraf/Baparekraf (melalui Go Startup Indonesia) selama dua tahun terakhir memilih 10 start-up terbaik karya anak bangsa.

Terdapat juga Mandiri Product Factory, tempat pertemuan bisnis unit dar Bank Mandiri menuangkan masalah yang dihadapi kepada start-up. Walau Direktur Utama MCI, Eddi Danusaputro, mengatakan momen ini bukan target mencari start-up untuk diinvestasi, tak menutup kemungkinan terjalin kerja sama ke depan. “Tujuannya hanya mempertemukan start-up dengan bisnis unit di Bank Mandiri, ngobrol dan cari kolaborasi. Kalau cocok, barulah MCI bisa masuk,” ujarnya.

Jenis start-up yang diincar MCI pada 2020 terkait perencanaan finansial, remitansi, dan asuransi. “Untuk asuransi sudah ketemu Insurtech yang membantu Mandiri di sisi produk dan processing. Sedangkan remmitance kami cari misalnya bisa membantu TKA atau TKW memudahkan transfer uang ke keluarga di sini,” kata Eddi.