Mandiri Capital Indonesia

7 Keuntungan Venture Capital Bagi Pengusaha Startup

7 Keuntungan Venture Capital Bagi Pengusaha Startup 

Perusahaan venture capital adalah perusahaan yang melakukan pendanaan atau penyertaan modal kepada perusahaan baru, bisa dari skala kecil-menengah dan rintisan (startup) untuk jangka waktu tertentu. Biasanya pendanaan diberikan pada kurun waktu 4-10 tahun. Adapun kegiatan pembiayaan venture capital kepada startup meliputi; penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan pembiayaan atas pembagian hasil usaha. 

Selain dalam bentuk uang atau saham, bantuan venture capital terhadap startup bisa berbentuk keahlian manajerial atau teknis. Berkat bantuan venture capital, sebuah startup bertumbuh sangat pesat. Mulai dari penambahan sumber daya manusia (SDM), publikasi ke media, valuasi yang juga bertumbuh.  

Bahkan valuasinya ada yang tembus hingga lebih dari US$1 miliar, yaitu startup-startup yang berstatus unicorn dan decacorn. Di Indonesia, terdapat startup berstatus Decacorn yaitu GoTo. Sedangkan startup unicorn yakni Bukalapak, OVO, DANA, Xendit, Traveloka, Tiket.com, Ajaib, Kopi Kenangan, Akulaku, dan Xendit.  

Sementara itu, dana kelolaan yang ada pada perusahaan venture capital umumnya bukan milik perorangan, melainkan gabungan dari berbagai pihak. Pihak ini dinamakan sebagai limited partners. Limited partners diisi oleh kalangan konglomerat, bank investasi, lembaga keuangan, lembaga keuangan, pemilik dana mengendap (endowment), pengumpul dana pensiun dan masih banyak lagi. 

Hal ini dilakukan secara bersama dikarenakan risiko berinvestasi di sebuah startup cukup tinggi, mengingat startup adalah perusahaan yang baru dirintis. Maka, dibutuhkan investasi secara bersamaan seperti limited partners, untuk meminimalisir resiko tersebut. Jadi, keuntungan venture capital bagi startup akan banyak sekali. 

Keuntungan Venture Capital Bagi Pengusaha Startup 

Ilustrasi ekosistem startup dan venture capital

(sumber: pexels.com)

Hubungan antara venture capital dengan startup yang menjadi tujuan pendanaan tentunya akan saling menguntungkan, karena nantinya keuntungan tersebut akan dialirkan kembali ke venture capital sesuai dengan keuntungan yang telah disepakati bersama. 

Melihat penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa banyak sekali manfaat yang akan diterima startup berkat bantuan venture capital. Terdapat 7 keuntungan venture capital bagi startup.  

1. Memperoleh Pendanaan Tanpa Jaminan

Bagi pengusaha startup, keuntungan pertama yang akan ia dapatkan tentu saja pendanaan yang bisa digunakan sebagai modal usaha. Dari modal yang didapat pengusaha dapat menggunakannya untuk pengembangan bisnis seperti kegiatan riset produk dan pasar.  

Berbeda dengan bank, pengusaha tidak perlu menyerahkan harta benda sebagai jaminan saat mendapatkan modal. Pengusaha juga tidak perlu melakukan pembayaran bulanan kepada venture capital. Namun sebagai gantinya, startup akan berinvestasi kembali dengan cara meningkatkan kualitas produk, mempekerjakan tim yang lebih besar, atau memperluas operasional lebih lanjut.  

Apabila startup gagal, tidak ada kewajiban untuk membayar kembali kepada venture capital. Hal inilah yang membuat venture capital menjadi perusahaan permodalan favorit bagi para pengusaha baru. 

2. Dukungan Manajemen Risiko

Keuntungan venture capital berikutnya adalah, mereka akan memberi dukungan dalam bentuk manajemen risiko. Untuk perusahaan yang baru memulai perjalanannya, pastinya ancaman risiko pasti ada. Dengan venture capital, pengusaha startup akan jauh lebih mampu mengelola risiko tersebut.  

Sebuah startup dapat mengatasi masalah besar jika memiliki tim yang berpengalaman serta pengawas dalam pertumbuhan bisnis. Melalui venture capital-lah startup bisa mencapai kesuksesan. 

3. Saran Manajerial

Dalam manajemen risiko, pengusaha startup akan mendapatkan saran manajerial dalam pemecahan masalah. Pada awal dibentuknya usaha, tentu saja dibutuhkan saran manajerial dari pihak yang berpengalaman. Mayoritas venture capital diisi oleh orang-orang berpengalaman, baik dalam menskalakan perusahaan, memecahkan masalah sehari-hari atau jangka panjang, hingga memantau kinerja keuangan.  

Di dunia bisnis, pengusaha akan sangat beruntung jika memiliki mitra seperti venture capital. Maka, pengusaha startup harus memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin demi keberlangsungan perusahaan. 

4. Jaringan Bisnis yang Luas

Tentu dengan perusahaan venture capital yang sudah memiliki nama besar di dunia bisnis, sebuah perusahaan baru akan mendapatkan banyak keuntungan dengan jaringan bisnis yang mereka miliki. Venture capital berperan besar dalam menjembatani mitra-mitra terkait kepada startup baru.  

Venture capital yang telah memiliki jaringan luas akan memudahkan pengusaha startup dalam mengembangkan bisnisnya seperti merekrut tenaga professional di bidang tertentu, membina hubungan lebih baik dengan klien, hingga dapat meningkatkan perputaran dana kedepannya.  

5. Bantuan Dalam Membangun Tim

Sebagai perusahaan besar dengan struktur organisasi yang sudah tepat, venture capital juga dapat memberikan bantuan kepada startup dalam bentuk tenaga ahli. Untuk mencapai keberhasilan usaha, peran pekerja ahli di bidangnya akan membantu percepatan pertumbuhan perusahaan. Hal ini menunjukkan venture capital sangat berkontribusi dalam membangun tim.

6. Meningkatkan Publisitas

Perusahaan venture capital tentu memiliki hubungan yang baik dengan media. Oleh karena itu, pengusaha startup baru akan terbantu dalam hal exposure. Dengan demikian, nama perusahaan akan lebih cepat teringat dan terkenal oleh publik, pelanggan, calon pelanggan, bahkan calon investor baru. 

7. Peluang Ekspansi Usaha

Venture capital akan menawarkan peluang ekspansi usaha yang luas. Pasalnya, venture capital akan terus berupaya dan mendukung pengusaha startup untuk meningkatkan usahanya. Venture capital juga akan terus memberikan bimbingan sampai startup yang didanainya sukses, bahkan bisa sampai menjadi market leader.  

Itu dia 7 keuntungan venture capital bagi pengusaha startup. Semoga bermanfaat untuk pengusaha yang ingin memulai usaha startup. Semoga sukses!

Kulik lebih lanjut tentang ekosistem startup and venture capital di https://mandiri-capital.co.id/

Ditulis oleh Sooca Digital

Bagikan ke: