Mandiri Capital Indonesia
Search
Close this search box.

Daftar Peluang Startup yang Dapat Diraih Bersama Venture Capital

Daftar Peluang Startup yang Dapat Diraih Bersama Venture Capital

Di era digital seperti sekarang ini, banyak masyarakat memanfaatkan peluang bisnis. Dengan bantuan digitalisasi, bisnis apapun menjadi lebih mudah dijalankan dan peluang untuk meraih keuntungan menjadi lebih cepat diraih. Era digital dan percepatan teknologi menjadi peluang emas para startup untuk menunjukkan dirinya. Peluang startup pun menjadi lebih besar dikarenakan banyak investor yang ingin berinvestasi di jenis bisnis ini, salah satunya melalui venture capital.  

Bisnis startup berbeda dengan bisnis konvensional. Perusahaan konvensional biasanya menciptakan produk berdasarkan tingkat permintaan pasar dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Adapun sebenarnya bisnis startup tetap bertujuan untuk mendapatkan keuntungan, namun perusahaan startup dibangun juga sebagai solusi masalah yang banyak terjadi di masyarakat dan membutuhkan kemudahan dalam menyelesaikan atau melakukan sebuah pekerjaan. 

Melihat kesuksesan startup unicorn yang berhasil go-public membuat para investor semangat dalam mendanai dan membina startup-startup baru dengan harapan startup-startup baru bisa mengikuti jejak kesuksesan tersebut. Hal ini menjadi peluang bagi pengusaha startup untuk segera memulai bisnisnya.  

Faktor Perkembangan Startup di Indonesia 

Gambaran startup yang berhasil meraih peluang startup bersama venture capital

(sumber: pexels.com)

Sejalan dengan ekosistem startup yang sudah mulai terbangun terutama di kota-kota besar di Indonesia, bisnis startup begitu mudah ditemukan. Mulai dari tahun 2015 dimana penetrasi internet masyakarat Indonesia mulai meningkat, startup terus tumbuh bahkan sampai masuk ke pasar internasional. Hingga tahun 2022, tercatat sebanyak 2.391 startup berdiri dan berkembang di Indonesia. Angka ini menetapkan Indonesia pada urutan kedua sebagai negara dengan jumlah perusahaan startup terbanyak di Asia. 

Terdapat tiga sektor yang menjadi pilihan paling banyak bagi startup di Indonesia, yakni e-commerce, pendidikan, dan gaming. Dari jumlah startup itu, dua perusahaan telah berstatus decacorn yakni memiliki valuasi mencapai US$10 miliar. Sementara, lebih dari sepuluh perusahaan merupakan unicorn alias memiliki valuasi sebesar US$1 miliar. 

Tantangan Startup 

Peluang startup yang kian besar tentu tidak terlepas dari banyak tantangan dalam mendirikannya. Para pegiat startup harus menghadapi dan bukan menghindari tantangan yang ada. Mereka tentu harus mencari solusi dan mengupayakan ide dengan baik. Beberapa tantangan dalam mengelola startup antara lain: 

1. Modal Usaha 

Modal adalah hal utama dalam membangun sebuah startup. Karena itu, modal merupakan sebuah tantangan besar startup di tahap awal.  

2. Investor 

Mencari investor juga merupakan sebuah tantangan yang cukup berat. Karena investor tidak mudah mengeluarkan dananya untuk startup yang tidak potensial. Maka, startup perlu membangun kepercayaan yang intensif dengan investor.

3. Sumber Daya Manusia 

Kurangnya keahlian dari SDM yang ada menjadi tantangan startup. Kurangnya keahlian akan menghambat pertumbuhan perusahaan.

4. Kurangnya Keahlian 

Startup membutuhkan SDM yang terampil untuk mengembangkan perusahaannya. Sudah menjadi sebuah tuntutan bagi startup dalam hal mengembangkan keterampilan dan keahlian karyawannya. 

5. Human Error 

SDM seringkali melakukan kesalahan saat bekerja, seperti tidak jelasnya customer service menerangkan informasi mengenai produk atau layanan dari suatu startup 

Pengaruh Venture Capital terhadap Perkembangan Startup 

Tentu saja, modal merupakan tantangan terbesar bagi startup untuk berkembang. Hadirnya venture capital menjadi jawaban atas permasalahan modal para startup. Berbeda dengan pinjaman bank, pendanaan dari venture capital tidak membutuhkan jaminan. Venture capital hanya mencari keuntungan dengan bagi hasil, kepemilikan saham, serta capital gain ketika perusahaan venture capital telah exit. 

Venture capital merupakan perusahaan yang besar. Artinya mereka sudah memiliki banyak jaringan yang nantinya akan diperkenalkan kepada startup-startup yang didanainya. Mulai dari kerjasama kemitraan sampai dengan ke media. Venture capital juga menyediakan perbantuan manajemen risiko, saran manajemen yang berpengalaman, bantuan tenaga kerja ahli hingga peluang besar untuk memperluas usaha. 

Suatu startup dapat mendapatkan serangkaian manfaat ini jika memilih venture capital sebagai sumber pendanaan startup.   

Daftar Peluang Startup  

Berikut ini merupakan peluang-peluang startup yang bekerjasama dengan venture capital di era digital saat ini. 

Sektor yang Potensial 

Startup bersama venture capital dapat mengambil peluang beberapa sektor yang potensial. Beberapa sektor ini adalah mereka yang memiliki pertumbuhan tinggi, pesat, serta memudahkan masyarakat. Sektor tersebut salah satunya adalah financial technology (fintech) yang mencakup digital payment system, investment, insurance, crowdfunding, microfinancing, P2P lending service, dan lain-lain.  

Selain itu, sektor e-commerce masih menjadi sektor yang memiliki pertumbuhan yang tinggi. Adapula sektor logistik yang bertumbuh karena aktivitas perdagangan online yang semakin tinggi. Berikutnya terdapat sektor pendidikan (edutech) dan sektor kesehatan (healthtech). Kedua sektor ini memiliki kemajuan yang pesat sejak pandemi Covid-19 terjadi.  

Jumlah Penduduk Indonesia yang Tinggi 

Tak pelak lagi, jumlah penduduk Indonesia yang besar membuat startup tumbuh subur. Banyak startup yang sukses menjadi solusi permasalahan masyarakat Indonesia yang cenderung sama. Banyaknya penduduk Indonesia merupakan peluang startup yang sangat potensial untuk membangun bisnis. 

Meningkatnya Penggunaan Internet dan Sosial Media 

Di Indonesia sendiri penggunaan sosial media meningkat. Ini terlihat dari pertumbuhan pengguna internet yang semakin menukik tajam. Adapun hal ini bisa dijadikan peluang startup untuk memasarkan produk atau layanan.  

Strategi pemasaran menggunakan sosial media tentu lebih murah daripada beriklan di televisi atau media cetak. Memanfaatkan sosial media juga dapat memperluas jangkauan pasar serta sarana informasi bagi publik. Selain itu, sosial media berperan besar sebagai alat branding perusahaan, interaksi dengan pengguna, penyebaran informasi hingga platform kerja sama dengan para KOL. 

Keyakinan Investor 

Semakin startup yang sukses menyandang status unicorn, decacorn bahkan dapat IPO, membuat banyak investor lokal maupun global yang ingin berinvestasi pada startup.  Semakin banyak startup yang berani berinovasi dan mengambil bagian dalam pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat menjadi salah satu faktor kunci. 

Banyaknya penduduk Indonesia dengan berbagai latar belakang juga menarik minat investor menyuntikkan dananya di sektor startup. Tentu ini menjadi peluang startup untuk lebih inovatif dan disruptif dalam menciptakan produk dan layanannya.  

Pasar UMKM yang Semakin Meningkat 

UMKM merupakan salah satu tumpuan ekonomi Indonesia.  Kontribusinya mencapai sekitar 61% terhadap PDB Indonesia. Satu hal yang menarik dari UMKM di Indonesia adalah sejumlah pelakunya masih menggunakan cara-cara tradisional untuk mengelola dan mengembangkan usahanya. 

Startup dapat menjadikan hal ini sebagai peluang bersama venture capital untuk membuat UMKM ini “naik kelas”. Mulai dari menyediakan platform berjualan online, aplikasi pencatatan keuangan, hingga melayani rantai pasok. Saat ini, berbagai startup berlomba-lomba menawarkan layanan mereka dalam menjalankan bisnis di ranah digital. Startup hanya perlu meyakinkan bahwasanya layanan mereka bisa membuat proses bisnis UMKM jadi efisien dan lebih cepat mendapatkan keuntungan. 

Dukungan Pemerintah 

Dukungan pemerintah terhadap bisnis startup sangatlah penting bagi kemajuan startup itu sendiri. Pemerintah sendiri telah banyak menyusun regulasi untuk mendukung keberadaan startup. Hal ini membuat startup semakin aman dan nyaman dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. 

Terlebih lagi, pemerintah seringkali mengadakan program-program pelatihan atau inkubasi yang biasanya bekerja sama dengan para startup maupun venture capital untuk melatih skill hingga startup berhasil dilahirkan. Bentuk dukungan ini merupakan suatu hal yang menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap kemajuan startup di Indonesia.  

Simak informasi lain seputar dunia startup dan venture capital di https://mandiri-capital.co.id/

Ditulis oleh Sooca Digital

Bagikan ke:

Berita Terbaru