Mandiri Capital Indonesia
Search
Close this search box.

Buang Sampah di Reko Waste Station Dapat Saldo E-wallet, Ini Caranya

Perusahaan startup teknologi pengelolaan sampah di Indonesia, Rekosistem, berkolaborasi dengan Mandiri Capital Indonesia menghadirkan Reko Waste Station di area Menara Mandiri, Sudirman, Jakarta Selatan, pada Rabu (21/2/2024).

Waste station ini merupakan layanan sebagai bentuk standar baru fasilitas pengumpulan sampah daur ulang, yang sudah terdigitalisasi.

Masyarakat yang membuang sampah di Reko Waste Station di area Menara Mandiri, maupun di 40 titik lainnya, bisa mendapatkan reward point per kilogram sampah.

“Sampah yang disetor (di Reko Waste Station) bisa ditarik menjadi poin atau voucher menarik,” ujar CEO dan Co-founder Rekosistem Ernest Layman, dalam Peluncuran Reko Waste Station di Menara Mandiri, Rabu (21/2/2024).

Rincian poin yang didapatkan adalah sebesar 800 poin (setara Rp 800) per kilogram untuk sampah anorganik. Serta 3.000 poin (Setara Rp 3.000) per kilogram untuk minyak jelantah.

Poin yang sudah dikumpulkan tersebut, kata Ernest, bisa diakumulasikan menjadi uang digital (e-wallet), seperti di antaranya Gopay dan AstraPay. Nilai 1 poin setara dengan Rp 1.

“Soon kami akan ada bank digital juga yang akan launching. Sedikit informasi, kami juga akan kerja sama dengan Livin’ (by Mandiri),” tuturnya.

Cara setor sampah ke Reko Waste Station Lantas, bagaimana cara menyetorkan sampah ke stasiun Rekosistem? Masyarakat dapat menyetorkan sampah secara mandiri ke Stasiun Rekosistem terdekat, lalu menyelesaikan prosesnya dengan aplikasi ponsel.

Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan dan kemas sampah anorganik dan/atau minyak jelantah dalam wadah tertutup. Pastikan sampah bersih dan tidak tercecer
2. Unduh aplikasi Rekosistem di App Store atau Google Play
3. Buka aplikasi Rekosistem dan pilih Reko Drop-in. Ikuti proses dan lengkapi data
4. Tuliskan Waste-ID di tiap kemasan
5. Foto sampah-sampahmu
6. Setor sampahmu di Waste Station terdekat dan dapatkan Rekopoints

Khusus untuk Waste Station Mandiri Capital Indonesia (MCI), beralamat di Menara Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 54-55, Sudirman, Jakarta Selatan. Lokasinya dekat dengan parkir motor umum.

Jadwal Operasional Waste Station MCI adalah setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00-17.00 WIB. Dengan waktu istirahat pukul 12.00-13.00 WIB.

Jadwal penyetoran libur setiap Sabtu, Minggu, tanggal merah, dan hari libur nasional.

Jenis sampah yang diterima

Sebagai informasi, berikut jenis sampah yang diterima di Reko Waste Station.

– Minyak jelantah
– Sampah anorganik: plastik, logam, botol skincare, kertas, kaca, botol minuman, e-waste (non B3, misalnya ponsel rusak), dan lain-lain
– Sampah B3 yang tidak diterima: baterai, cartridge printer, dan lampu

Sumber: https://lestari.kompas.com/read/2024/02/22/120000186/buang-sampah-di-reko-waste-station-dapat-saldo-e-wallet-ini-caranya

Ditulis oleh admin

Bagikan ke:

Berita Terbaru