Mandiri Capital Indonesia
Search
Close this search box.

6 Startup Zenith Accelerator Bakal Terintegrasi dengan Mandiri Group (BMRI)

Bisnis.com, JAKARTA – PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), Corporate Venture Capital milik PT Bank Mandiri, (Persero) Tbk., menggelar acara puncak Zenith Graduation Day sebagai penutup dari serangkaian program Zenith Accelerator Batch Pertama. Terdapat 6 startup finalis yang berpeluang bergabung dengan ekosistem Mandiri Group.  CEO Mandiri Capital Indonesia Ronald Simorangkir mengatakan melalui Zenith Accelerator, MCI berkomitmen untuk mengakselerasi inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di seluruh ekosistem Mandiri Group. Program tersebut kini telah melahirkan 6 startup yang siap untuk diintegrasikan dengan Mandiri Group.  “Keberhasilan integrasi keenam startup finalis dengan unit bisnis kami tidak hanya merupakan langkah maju dalam kerjasama strategis, tetapi juga membuktikan adanya peningkatan signifikan dalam efisiensi operasional dan penciptaan nilai tambah bagi Mandiri Group,” kata Ronald, Rabu (6/3/2024).

 

Mengusung tema ‘Catalyzing Growth, Innovation and Sustainability’, Zenith Accelerator memilih 6 (enam) finalis startup, yaitu Rekosistem, perusahaan pengelolaan sampah yang bertujuan mewujudkan ekosistem berkelanjutan dengan menggunakan solusi teknologi dan metode ramah lingkungan. Lifepack, perusahaan farmasi digital yang menyediakan layanan berobat dan suplemen berkualitas. Kemudian, Fishlog, perusahaan aquaculture yang fokus menjadi penggerak ekosistem untuk industri rantai dingin perikanan dan Praktis, penyedia solusi rantai pasokan berbasis data untuk brand DTC (Direct to Consumer). Setelah itu, AI Rudder, hadirkan teknologi robot AI (Artificial Intelligence) untuk otomatisasi layanan pelanggan dan terakhir, Imajin, perusahaan manufacturing hub dimana pelanggan dapat memilih produsen lokal untuk membuat produknya.

 

Keenam startup finalis dari Zenith Accelerator tersebut telah mengembangkan sejumlah sinergi strategis bersama Bank Mandiri. Pertama, melalui AI Rudder, Bank Mandiri mengintegrasikan teknologi voice assistant untuk mempermudah proses penagihan kredit dan meningkatkan efisiensi kerja agen penagih.  Kedua, terdapat skema kerjasama loan referral dengan Imajin, yang memungkinkan Bank Mandiri memberikan kredit kepada mitra manufacturing Imajin dengan potensi di Indonesia Manufacturing Market sebesar 253.000 tier 2 (small manufacturing industry) dan 4,1 Juta Tier 3 (Micro Manufacturing Industry), serta kerja sama dengan skema kredit investasi dimana Bank Mandiri memberikan fasilitas kredit untuk pembelian mesin kepada Imajin.

 

Selanjutnya, Bank Mandiri mengimplementasikan skema loan referral dengan Fishlog, memberikan kredit kepada mitra Fishlog di industri perikanan dengan potensi 200+ fisheries di kelas SME yang sudah bergabung di Fishlog. Dengan LifePack, Bank Mandiri akan menjalankan integrasi produk KUM Talangan yang memfasilitasi apotek rekanan LifePack untuk memperoleh fasilitas kredit dalam pembelian obat-obatan melalui platform Tetama milik LifePack.

Di Indonesia sendiri, terdapat 31.000 farmasi tersebar yang mana ini dapat menjadi potensi pendanaan bagi produk KUM Talangan Bank Mandiri.  Di sisi lain, Praktis bekerja sama dengan Bank Mandiri melalui skema invoice financing, mendukung brand rekanan Praktis yang berjumlah 300+ untuk mendapatkan fasilitas kredit.  Terakhir, Mandiri Capital Indonesia bersama Menara Mandiri bersinergi dengan Rekosistem untuk mendirikan fasilitas daur ulang sampah (Waste Station) yang mendukung Bank Mandiri dalam mencapai target Net Zero Emission (NZE) secara operasional pada tahun 2030, sebagai bagian dari komitmen mereka terhadap keberlanjutan lingkungan.

Untuk diketahui, Program Zenith Accelerator dari MCI bertujuan untuk mengakselerasi integrasi bisnis dengan unit bisnis yang berada di dalam ekosistem Bank Mandiri dan Perusahaan Anak. Fase awal Zenith Accelerator mencakup kurasi dan seleksi startup dimulai pada bulan Oktober 2023.

Setelah terpilih enam finalis startup, mereka menjalani serangkaian pembinaan intensif selama empat bulan, yang meliputi sesi Mentoring, Synergy Creation dan Synergy Acceleration.  Di sesi mentoring, para startup terpilih dibimbing oleh para mentor berpengalaman untuk mendapatkan insight bisnis dan operation. Kemudian, di sesi synergy creation dan acceleration, mereka bertemu dengan beberapa pemangku kepentingan dalam satu sesi untuk menjajaki peluang bisnis.

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko

Ditulis oleh corsecmci

Bagikan ke:

Berita Terbaru